Semangat DJ Acma

Waktu pertemuan CSS MoRA (Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs) Regional Tengah di PP Nurul Haromain, Sentolo-Kulon Progo ada sesi menarik yang membuat Qt anggota CSS PT menjadi lebih kompak, yaitu CSS Champions. Ada enam cabang olahraga yang diselenggarakan: Futsal buat cowok, Volley Ball buat cewek, tarik tambang ma lomba bakiak buat cowok en cewek. Wah asyik tenan ya……

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke PP Nurul Haromain, peje pete udah milih orang-orang buat berduel di empat cabang olahraga tersebut…. Dan Aq masuk tim bakiak A. yowes… Aq manut… seng penting seru….

Hari Kamis pukul 14.00 WINuHa (Waktu Indonesia bagian Nurul Haromain), cuaca amat sangat panas sekali…… otomatis para peserta pun berogah-ogahan melu pertandingan, takut kulit gosong kale…. Tapi ya mau gag mau lomba kudu tetep berjalan. Panitia udah ngumumin pertandingan pertama Volley Ball tim UIN SuKa A melawan UGM A. lirik sana… lirik sini, peserta yang udah ditunjuk jauh-jauh hari sebelumnya ternyata masih pada di kamar, mbuh lagi pada ngapain….. yasudahlah yang ada sadjah…. Aq pun melu…. Padahal pirang taun coba Aq gag megang bola volley. Gila busyet…… tim lawan lagi pada latihan, lha kita??? Megang ball langsung maen…. Sakti… suerrrr…. Suerrr…

Ternyata system penghitungannya rally, n dipersempit dari 25 poin jadi 15 sadjah…. Peluit pun sudah ditiup, n permainan pun dimulai. Kebetulan Aq jadi Bismillah…..

“Temen-temen, Aq tau kita gag latihan dulu. Aq juga udah hampir empat taun gag megang bola, tapi apapun yang terjadi Qt kudu tetep semangat, tetep konsentrasi, yok kita berdoa dulu…. Bismillah… bismillah… bismillah….yeeeeeeeyyyy!!!!!”

Tim lawan memberikan serve. Bola diterima. Bola keluar garis. Ada yang serve nginjek garis, deesbe..deesbe…deesbe deh…. Permainan yang singkat ini akhirnya berakhir dengan kekalahan dipihak Qt…. Omaigad!!!! Aq udah berusaha sepanas mungkin mengompori temen-temen, tapi apa daya tangan tak sampai, suaraQ  serak dan tak berpower karena lagi batuk dan masuk angin tingkat menengah.

Tak hanya di permainan volley, ternyata tarik tambang tim B kekurangan orang, ommmaaaiiigad meneh, yawes Aq yang berbobot Cuma 48 kg bersedia mengisi kekosongan. Tak perhatiin tim B ini kebanyakan personilnya langsing-langsing n cuilik-cuilik (ada Nashri, Sam, Nia, dekaka), melawan tim UGM yang gede-gede…. Keren plus nekat!!!!

Babak pertama menang tapi kemudian kalah karena…. Karena apa ya??? Embohlah…

Dan masih banyak lagi pertandingan yang berlangsung dengan sangat keren, hingga akhirnya dari total 6 cabang pertandingan CSS UIN SuKa memenangkan 4 emas, sekian perak, dan sekian perunggu, so…. Qt jadi juara umum dan menggondol piala bergilir CSS Champions. Alhamdulillah….

Di sela-sela mendinginkan badan sebelum mandi, aku duduk di depan hamparan kamar mandi portable, merenungkan dan menostalgilakan masa-masa indah dulu kala bersama DJ Acma (nama untuk menyebut anak-anak MAKN Darussalam Ciamis putri angkatan 2005). Salah satu momen paling indah yaitu ketika pertandingan olahraga antar kelas tahun 2005 (semester ganjil kelas X) atau apa ya istilahnya itu..??? class meeting p ya???? Mbohlah aku lali…..pokoknya pertandingan kelas di masa kosong setelah ujian semester sampe pembagian rapot. Pertandingan yang mengharukan itu adalah volley ball. Kelas kita yang hanya berjumlah 15 orang (kemudian menyusut jadi 12 orang di kelas XII) merasa kelompok paling kecil dan paling minder. Aku yang paling “takut” dengan mapel olahraga ditunjuk juga jadi salah satu tim volley…. Ggiillllaaaaaaa…… gillaaaaaa…… emang c serve aku bisa tapi kalo nerima bola Aq takut….. ngeri, kalo waktu SMP dulu nilai olahraha di rapot pasti tidak lebih dari 7, ngeri kan??? Cuz,,,, sebelum bertanding wesssss ampun-ampunan duluan sama si bapak guru,

“Pak, saya gag bisa ngikut praktek olahgara, mendingan saya bikin paper aja, atau apa ajalah…. Yang penting gag kesundul bola, gag maen rolling-rollingan, n gag lempar-lemparan.” Ucapku pada guru maple. Alhasil nilai olahraga selalu enam, hehehe…..

Back to DJ Acma. Dari enam orang yang jago volley Cuma satu -> Evan (panggilan Eva Nurlaila), ada juga Tini (Tini Rohimah) yang lumayan tapi gag selincah Evan, hehe… piss tien…… pisss…… Tanpa latihan, tanpa pemanasan kita langsung terjun ke lapangan, Alhamdulillah dengan semangat Novi (Noviliana Latifah) yang mengompor-ngompori kita bisa nyabet juara meskipun bukan juara pertama.

DJ Acma

Momen itu sangat memoriam sekali, betapa hebatnya semangat bisa menjadikan kita jadi juara, terutama Aq yang menjadi tidak takut lagi dengan bola melayang yang menghantam tanganku…. Novi adalah sosok periang yang selalu enerjik….. selalu bisa memanas-manasi dirinya juga orang lain.

DJ Acma 2

Dengan teriakan-teriakannya semangat kita bangkit, Aq bertekat kalo bola dateng bakal kugerakan tanganQ!!!!! Hehhe….. hot skale,

 “semangat lebih utama dari skill”, dengan semangat seseorang bisa memiliki skill, tapi seseorang yang memiliki skill belum tentu bisa menghadirkan semangat. Akan tetapi, kejadian kemaren di pertemuan CSS regional tengah menyadarkan betapa Aq belum bisa menjadi kompor yang bisa menggerakan semangat temen-temen….. ya… gapapa, di kemudian hari Aq pasti bisa melakukannya….. amin ya rabb….

fisikQ pun mulai melemah….. Aq yang gag pernah panjat tebing lagi menjadi rindu dengan tebing-tebing licin di pegunungan, Aq yang menjadi lebih sering sakit merasa bahwa betapa banyaknya waktu yang tersita oleh kesakitan itu…. Aq yang sudah tak berbentuk lagi bicepsnya, hahahahahehehehe…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s